Minggu, 16 Desember 2012

Amankah Konsumsi Makanan Pedas Selama Hamil?



Intisari-– Selama kehamilan, asupan gizi harus diperhatikan. Beberapa mitos melarang wanita hamil mengonsumsi makanan pedas. Amankah wanita hamil makan makanan pedas?

Secara umum, tidak ada pembatasan makanan tertentu bagi ibu hamil, tetapi ini adalah bagian yang harus diperhatikan. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari, terutama makanan mentah yang memiliki risiko mengandung bakteri yang menyebabkan infeksi.

Untuk makanan pedas atau panas, wanita hamil harus tahu kemampuan mereka sendiri. Lebih baik bagi mereka untuk mengurangi tingkat rempah-rempah. Ini tentu saja untuk menghindari ketidaknyamanan yang sering muncul ketika hamil.

Beberapa mitos soal makanan pedas yang dikonsumsi selama kehamilan dapat menyebabkan kontraksi awal atau rambut bayi yang tipis. Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kebenaran dari mitos-mitos tersebut.

Menurut Babycenter , yang sebenarnya terjadi adalah makanan pedas terkadang menyebabkan iritasi atau diare pada ibu hamil. Jika terjadi diare, maka pada wanita hamil bisa terjadi risiko dehidrasi yang dapat menyebabkan kontraksi.

Penjelasan lainnya, prostaglandin akan meningkat jika seseorang makan makanan pedas. Nah kondisi ini menyebabkan otot-otot halus dan menginduksi kontraksi seperti akan melahirkan.

Banyak wanita hamil yang mengonsumsi makanan pedas tanpa memperhatikan efek samping. Mereka perlu memahami bahayanya jika mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas. Oleh karena itu, kenali kemampuan diri sendiri ketika mengonsumsi makanan pedas saat hamil. Sebaiknya, ibu hamil mengurangi porsi konsumsi makanan pedas. Hal ini untuk menghindari efek dari makanan pedas seperti iritasi lambung dan menghindari pemicu dehidrasi karena diare.