Selasa, 25 Desember 2012

Biography Dinda Kaniya Dewi

Nama Lengkap : Dinda Kanya Dewi

Nama Panggilan : Dinda

Tempat Tanggal Lahir : Balikpapan, 5 Februari 1987

Agama : Islam

Nama Ayah : Surya Saputra Yudanagara

Nama Ibu : Tuti Mutia Natadirja

Filmografi

• My Diary (2007)

• Beranak Dalam Kubur (2007)

• Kawin Kontrak (2008)

• Claudia/Jasmine (2008)

• Hi5teria (2012)

• Sanubari Jakarta (2012)

• Mama Cake

Berangkat dari finalis Gadis Sampul 2002, Dinda Kanya Dewi akhirnya mampu memasuki dunia hiburan TanahAir lewat berbagai proyek seperti sinetron, FTV, model iklan, dan model video klip. Namun, saat ini Dinda mengaku sudah menemukan jalan hidupnya di dunia seni peran. Tak dipungkiri nama Dinda mulai naik saat dirinya membintangi sinetron Cinta Fitri hingga season ke-6 sebagai tokoh antagonis bernama Mischa.

Setelah itu, cewek kelahiran 5 Februari 1987 ini mulai terjun ke dunia layar lebar lewat film My Diary (2007), Beranak Dalam Kubur (2007), Kawin Kontrak (2008), dan Claudia/Jasmine (2008). Tidak cukup sampai di situ, Dinda pun mulai jajal duduk di kursi sutradara lewat film omnibus berjudul Sanubari Jakarta di kisah Aku Cantik Malam Ini .

Kepopuleran namanya di dunia entertainment tidak membuat Dinda semakin besar kepala dan menjadi terlalu memilih dalam menerima sebuah tawaran film ataupun sinetron.Baginya, kecintaan di dunia seni peran jauh lebih besar ketimbang hanya sebatas memilih-milih peran.

"Harapan saya di dunia seni peran hanyalah tidak berhenti sampai di sini dan terlibat di karya-karya selanjutnya.Meskipun saya mendapat tawaran untuk tiga scene film, saya akan ambil asalkan itu bisa membuat saya nyamandan senang. Saya nggak terlalu memilih-milih juga, karena saya nggak harus mengincar jadi pemeran utama. Pokoknya ingin terus berkarya di sinetron, FTV, film, dan sebagainya sampe tua. Saya sudah nemuin dunia saya di sini, kalau sudah nggak ya berarti saya sudah mati," ujar Dinda Kanya Dewi saat ditemui 21Cineplex di Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Begitu besar rasa cintanya terhadap dunia seni peran, membuat Dinda semakin profesional dalam melakoni setiap peran-peran yang dipercayakan kepadanya. Ia mengaku siap melakukanadegan apapun dan tidak memiliki pantangan demi memberikan kualitas terbaik terhadap proyek film yang dimainkannya.

"Sampai saat ini sih saya nggak punya pantangan. Saya menikmati apapun itu meskipun nggak dibayar. Contohnya aja di Sanubari Jakarta saya nggak dibayar tapi karena saya suka dan men- support ya saya tetep jalanin," tambahnya.

Di tahun 2012 ini, Dinda Kanya Dewi bisa dibilang sangat laris di dunia film. Sudah ada tiga judul film yang sukses dibintanginya yaitu Hi5teria , Sanubari Jakarta, dan Mama Cake . Namun, ada satu hal yang masih terus dicarinya di dunia seni peran yaitu memainkan karakter dari tokoh-tokoh hebat.

"Iya saya memang ingin memainkan peran dari tokoh-tokoh yang hebat. Untuk siapanya ya saya nggak terlalu tau sih, karena terlalu banyak manusia-manusia yang seru kepribadiannya danbisa kita contoh. Bisa aja tukang ojek yang akhirnya jadi wartawan hebat dan sebagainya," pungkas Dinda.

Di film terbarunya yang berjudul Mama Cake , Dinda mendapat karakter baru sebagai cewek manis bernama Mawar. Bagi aktris lain, mendapatkan peran sebagai cewek yang lugu dan manis di sebuah film mungkin menjadi suatu halyang biasa. Tapi bagi Dinda hal itu terasa spesial lantaran banyak pihak yang menilai kalau wajahnya identik dengan karakter antagonis. Selain inginterus eksis sebagai aktris, kedepannya Dinda juga masih mau mencoba lagi duduk di kursi sutradara untuk membuat film yang bertemakan fantasidan lucu.

"Saya memang agak jarang dapat peranitu, mungkin bagi aktris lain itu hal yang biasa. Di film ini saya seakan bisa relaksasi sedikit dari karakter wanita jahat. Kalau impian membuat film lagi tentunya ada, tapi saya lebih ke tema fantasi dan lucu-lucu gitu. Saya melihatfilm itu seperti piknik visual karena saya bisa duduk dan menikmati gambarwalaupun terkadang nggak ngerti dengan alur ceritanya," tutup Dinda.