Minggu, 16 Desember 2012

Bolehkah, Mengkonsumsi Nanas Saat Hamil?

Intisari- – Ketika seorang wanita hamil, ia harus mengetahui makanan apa yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Misalnya, nanas . Buah ini menurut kebanyakan orang tidak baik untuk orang hamil. Mengapa? Mari simak penjelasan yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

*. Kontraksi dini.

Bulan pertama kehamilan harus dipantau dengan baik dan wanita tidak boleh makan nanas atau minum jus nanas berlebihan. Karena nanas mengandung senyawa bromelain yang melemahkan serviks (leher rahim). Konsumsi yang berlebihan akan memicu kontraksi rahim secara dini. Bromelain merupakan ekstrak yang berasal dari batang nanas , meskipun ada di semua bagian dari tanaman dan buah segar, yang memiliki banyak kegunaan. Ekstraknya bisa sebagai suplemen yang memiliki efek anti-inflamasi. Bromelain juga mengandung bahan kimia yang, menurut penelitian, mengganggu pertumbuhan sel tumordan memperlambat pembekuan darah. Dalam kuliner, bromelain terutama digunakan sebagai pelunak daging.

*. Keguguran?

Untuk nanas muda, terutama yang berkulit hijau, mengandung banyak bromelain di dalamnya dan tidak hanya menyebabkan leher rahim yang lemah, tetapi juga keguguran. Oleh karena itu, wanita di awal kehamilan harus membatasi atau bahkan menghindari sama sekali konsumsi nanas muda.

*. Masalah kesehatan lain.

Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan penyakit maag. Karena kandungan asam dari buah tropis ini memang cukup mengganggu untuk lambung yang sensitif. Wanita hamil yang menderita gastritis tentu saja akan membahayakan diri mereka sendiri dan kondisi janin.

Meskipun nanas mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, disarankan agar wanita hamil tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar. Bila wanita hamil masih ragu bolehkan menikmati nanas atau tidak, konsultasikan lebih dulu dengan dokter mereka. Karena kondisi setiap kehamilan berbeda pada setiap orang.