Kamis, 20 Desember 2012

Makanan Anti-Inflamasi

Peradangan merupakan respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Peradangan sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan kronis. Seperti kanker, diabetes, dan obesitas. Untuk menghindari hal ini, cobalah mengonsumsi makanan anti-inflamasi seperti berikut ini.

*. Jamur Shiitake , makanan anti-inflamasi yang memiliki kemampuan menyembuhkan masalahperut dan antioksidan bagi tubuh.

*. Salmon, ikan yang menyehatkan, baikuntuk menjaga kolesterol baik, meredakan peradangan dan menyembuhkan peradangan.

*. Brokoli, sayuran hijau ini sering disebut sebagai makanan super, karena dapat melawan kanker, menjaga otot sehat, dan mengurangi peradangan.

*. Kunyit, rempah-rempah yang sering dijadikan obat tradisional karena merupakan antiseptik alami dan anti-inflamasi.

*. Blueberry, buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan meredakan peradangan dalam tubuh.

*. Ubi jalar, dikonsumsi terutama cocok untuk pria yang sistem kekebalan tubuhnya menurun. Selain mudah dan mudah didapat, ubi jalar memiliki sifat anti-inflamasi.

*. Pepaya, harus dinikmati bagi Anda yang bermasalah dengan pencernaan,karena buah ini memang memiliki manfaat meringankan dan menyembuhkan peradangan pada lambung.

*. Teh hijau, bukan hanya minuman biasa, antioksidan dalam teh hijau sering dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk meredakan peradangan.

*. Minyak zaitun, sebaiknya digunakan untuk memasak karena mampu memerangi kanker dan alami mengobati peradangan tubuh.

*. Rumput laut, makanan anti-inflamasi yang sudah banyak ditemukan di pasar sebagai salah satu makanan sehat.

Selain mengonsumsi makanan anti-inflamasi, hindari makanan yang justru memicu peradangan seperti makanan yang digoreng, produk susu, dan zat aditif lainnya. (intisari-online)