Minggu, 23 Desember 2012

Solusi Makanan Sehat Untuk Orang Sakit

Makanan sehat itutidak lagi sebatas urusan 4 Sehat 5 Sempurna , atau 'hanya' memenuhi kandungan karbohidrat, protein, dan vitamin. Tidak cuma harus menyantap nasi, lauk, sayur, buah, lalu susu. Masyarakat sudah kadung rutin pada kampanye 4 Sehat 5 Sempurna . Melupakan bahwa makanan yang sehatitu adalah makanan yang memenuhi gizi seimbang. Gizi berimbang ini berkaitan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang, porsi yang cukup, sampai hitung-hitungan nutrisi yang diperlukan seseorang setiap harinya.
Soal segala asupan yang dikonsumsi seorang setiap hari, yang menjadi pertimbangan tidak cuma masalah banyaknya porsi belaka. Tapi juga kondisi. Orang-orang yang sehat tidak akan sama hitung-hitungannya denganorang-orang yang memiliki penyakit tertentu. Ada batasannya. Ada makanan tertentu yang tidak bisa dikonsumsi oleh seseorang yang sakit. Ada orang-orang yang alergi terhadap bahan makanan tertentu. Semacam itulah.
Namun tak lantas orang-orang yang memiliki penyakit, tak bisa menikmati indahnya makan. Kini, sudah banyak edukasi di berbagai media (elektronik, cetak, atau dari mulut ke mulut) yang menyebarkan wawasan tentang makanan-makanan yang baik dikonsumsi untuk penyakit tertentu. Istilahnya, ada solusi yang masih lezat untuk orang-orang yang ingin makan enak tapi menderita penyakit tertentu.
Seperti di bawah ini, beberapa solusi makanan yang aman disantap untuk orang-orang dengan penyakit-penyakit.
1. Diabetes
Para pengidap diabetes mestilah selalu mengontrol kadar gula dalam makanan dan minumannya. Tidak boleh terlalu rendah, tidak boleh pulaterlalu tinggi. Orang-orang yang mengidap diabetes sebaiknya memilihgandum atau beras coklat, alih-alih beras putih, sebagai sumber karbohidrat. Jangan memanjakan diri dengan makanan berlemak, perbanyak konsumsi serat pada sayuran hijau.
2. Kolesterol
Kebanyakan dyslipidemia atau kolesterol itu berbahaya. Jangka panjangnya bisa serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu, makanlah makanan yang rendah lemak, seperti minyak zaitun, minyak ikan, gandum, juga buah-buahan, dansayur-sayuran.
3. Stroke
Penyakit ini muncul karena sebab yang variatif. Termasuk di dalamnya karena aliran darah yang tersumbat. Karena itu, yang tubuh sebetulnya butuhkan adalah asupan nutrisi yangcukup untuk menopang dan memperbaiki jaringan. Makanan-makanan yang mengandung Omega-3 dapat mencegah peredaran darah yang menggumpal, yang dapat memicu stroke.
4. Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang berat, kita semua sudah tahu. Tapi ternyata untuk dapat mengurangi sakit ini, dapat dilakukandiet atau memperhatikan makanan. Perbanyak makanan yang mengandung protein baik, seperti phytochemicals dan antioksidan, yang mampu menjaga dan membangun kembali jaringan tubuh yang dirusak oleh sel kanker.
5. Jantung
Sebagian makanan menyehatkan, sebagian lagi malah memperbesar risiko kemungkinan serangan jantung. Hati-hati saja. Minyak ikan, buah, sayur, bawang, minyak zaitun, serat dari sereal gandum, kacang-kacangan, kedelai, dan teh adalah makanan yang baik untuk mencegah serangan jantung. (*)
INTISARI-ONLINE