Rabu, 09 Januari 2013

Bersihkan Piring & Kompor, Wajib Gunakan Air Panas!

MENCUCI piring dan peralatan dapur kelihatannya mudah, cukup diberi sabun dan bilas dengan air biasa. Namun, piring yang terlihat bersih belum tentu benar-benar bersih.
Membersihkan piring bisa menggunakan sabun cair, krim (sabun colek), maupun sabun bubuk. Membilasnya pun dengan air. Sebaiknya dengan air yang mengalir agar sisa kotoran yang harusnya terbuang tidak menempel di piring.
Setelah dibilas air dingin, lanjutkan dengan membilas air panas. Khususnya untuk panci dan peralatan masak yang tergores karena biasanya menjadi tempat bersarangnya bakteri.
"Semua piring yang dicuci harus dibilas air dingin dan air panas. Tujuannya untuk mengangkat sisa makanan dan kotoran yang menempel dan keras," kata Chef Nugraha Ali, Sekjen Association of Culinary Professionals Indonesia, saat dihubungi Okezone, Selasa (8/1/2013).
Untuk sisa makanan yang mengeras, sebaiknya direndam air panas sehingga menjadi lunak. Dan, Anda akan lebih mudah melepaskan kotoran serta minyak yang menempel.
"Sebaiknya jangan buru-buru cuci piring. Piring direndam menggunakan air panas untuk sisa makanan yang mengeras, jangan digosok dengankasar. Ini akan menyebabkan coating , lapisan teflon akan tergerus dan lapisan food grade yang aman bagi kesehatan akan hilang," tandasnya.
Sementara untuk membersihkan kompor dari percikan minyak dan makanan, caranya diseka menggunakan spon yang telah dicelupkan ke air sabun. Seka kembali dengan air biasa dan terakhir seka dengan air panas.
Chef Nugraha menjelaskan bahwa kini telah ada sabun khusus membersihkan kompor yang mengandung soda api (natrium hidrosida) atau secara tradisional menggunakan baking soda.

Terkirim dari Dc