Selasa, 01 Januari 2013

Biodata Iyuth Pakpahan

Nama : Ruth Damai Hati Pakpahan
Nama Panggilan : Iyuth
Tanggal Lahir : 17 Agustus 1985
Anak ke : Tiga dari tiga bersaudara
Tinggi/ Berat Badan : 168 cm / 52 kg
Nama Ayah : Muchtar Pakpahan
Nama Ibu : Rosintan Marpaung
Film Favorit : Edward Scissorhands
Artis Favorit : Adinia Wirasti, Nirina Zubir, Widyawati dan Christine Hakim
Filmografi
• Rokkap (2010)

Jika Mathias Muchus yang biasa berakting depan kamera kini mencoba aktif di belakang kamera dengan menjadi sutradara, lain lagi dengan perempuan cantik ini. Terbiasa di belakang layar tidak membuat Iyuth Pakpahan takut untuk maju dan berakting di depan kamera. Iyuth pun bermain bersama Kinaryosih dan Agastya Kandou dalam film Rokkap , sebuah film dengan latar belakang budaya Batak.
Pada awalnya Iyuth terlibat dunia perfilman dengan menjadi casting director assistant , " Dimulai di tahun 2006, saya awalnya mencoba kerja di balik layar, bagian casting sama mas Hanung Bramantyo di Dapur Film. Sejak di situ saya sering diajakin sebagai figuran sama mas Hanung kalau ada peran yang hanya satu atau dua dialog.Jadinya hampir di semua film yang sayacasting-in, saya ikutan main," ujar sarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia ini saat ditemui 21cineplex.com di sebuah kedai kopi. Jika Anda jeli, Anda memang dapat melihat peran kecilnya itu di film Kamulah Satu-Satunya , Get Married , Ayat-Ayat Cint a dan Sundel Bolong .
Namun debutnya sebagai aktris di dunia film ini didapat justru bukan dari Hanung, "Teman saya yang merupakan asisten sutradara dan yang mengurus kostum film Rokkap sering bertanya mengenai adat Batak sama saya sampai akhirnya saya dicasting sama sutradara dan asistennya. Saya yang biasanya meng-casting orang jadi dicasting deh," jelas finalis Abang None 2006 ini sambil tertawa. Iyuth pun kemudian bermain menjadi kakak dari Kinaryosih dalam film Rokkap .
Saat ditanya mengenai bagaimana ia belajar akting, Iyuth mengaku Hanung Bramantyo-lah yang paling banyak membantunya dalam berakting, "Kalau saya lagi casting, mas Hanung suka ikut. Dari yang dia direct juga sayajadi tahu bagaimana seharusnya pemain film berakting."
Iyuth kini sedang kembali sibuk di belakang layar, di tahun 2009 ia sempat berhenti dari dunia film namun tampaknya panggilan jiwa membuatnya kembali berkarir di dunia film. Sembari menutup wawancara saya memintanya mengucapkan bahasa Batak dan ia pun berkata "Hehe Ma Par Film On Ni Indonesia!" yang artinya majulah perfilman Indonesia!