Minggu, 20 Januari 2013

Redakan Sakit Kepala dengan 6 Tip Sederhana

Sakit kepala bisa datang menyerang Anda secara tidak terduga. Sakit kepala disebabkan oleh banyak hal. Namun beberapa penyebab umum sakit kepala dalam masyarakat modern adalah deadline pekerjaan, stres, beban kerja, kemacetan lalu lintas, dan masih banyak lagi. Apakah Anda sering mengalaminya?

Secara umum, sakit kepala adalah respons tubuh terhadap stres fisik maupun emosional. Stres memicu kontraksi otot-otot di kepala dan leher yang kemudian menciptakan ketegangan dan sakit kepala. Stres juga membuat pembuluh darah menyempit yang selanjutnya menyebabkan migrain.

Bagi beberapa orang, sakit kepala adalah hal yang mengganggu meskipun tidak berlangsung begitu lama. Penting bagi Anda untuk mengatasinya, cobalah beberapa tip dibawah ini:

1. Campuran Jahe Dan Teh

Jahe bekerja melawan migrain dengan menghambat sintesis prostaglandin. Jahe juga membantu mengatasi rasa mual yang sering menyertai migrain.

Cara membuat: rebus teh hingga mendidih dan masukan¾ irisan jahe ke dalam 2 cangkir air. Tutup selama 30 menit. Kemudian minumlah.

2. Gosokkan Minyak Thyme/Minyak Rosemary di Kepala

Oleskan satu atau dua tetes minyak thyme atau rosemary di dahi Anda. Gosok dengan lembut dipermukaan kulit, kemudian diamkan selama beberapa menit. Minyak thymedan rosemary mengandung carvacrol yaitu suatu zat yang bertindak sebagai inhibitor COX-II , sejenis obat anti-peradangan seperti ibuprofen.

3. Teh Chamomile

Berikan diri Anda waktu untuk beristirahat sejenak disela-sela kesibukan untuk meringankan ketegangan yang menyebabkan sakit kepala. Tehchamomile memiliki senyawa yang membantu Anda rileks untuk meringankan rasa sakit. Seduh satu kantong teh chamomile dengan secangkir air matang. Tutup selama 10 menit, tambahkan madu sebagai pemanis dan minum secara perlahan di tempat yang tenang.

4. Rendam Kaki dengan Peppermint dan Minyak lavender

Beberapa ahli pengobatan tradisional percaya merendam kaki adalah salah satu obat yang ampuh untuk sakit kepala. Air panas akan menarikdarah menuju kaki sehingga mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kepala. Tambahkan beberapa tetes peppermint atau minyak lavender untuk aroma terapi.

5. Magnesium

Para penderita migrain memiliki kadar magnesium yang rendah did alam otak mereka selama serangan terjadi. Konsumsi suplemen yang mengandung magnesiumdapat mencegah sakit kepala. Dapatkan asupan magnesium sebanyak 400 miligram per hari.

6. Vitamin B2

Sebuah penelitan memberikan 400 miligram vitamin B2 kepada setiap relawan yang mengikuti penelitian tersebut. Mereka diberikan suplemen vitamin B2 setiap hari selama tiga bulan dan dampaknya 50-59% relawan mengalami penurunan keluhan migrain. Jadi konsumsilah vitamin B2 ini untuk membantu mengatasi keluhan sakit kepalaAnda.

Jika Anda sering terkena sakit kepala, cobalah 6 pereda sakit kepala sederhana ini agar keluhan Anda dapat segera teratasi. Semoga bermanfaat