Rabu, 02 Januari 2013

Resep Mudah Bikin Roti

- Okezone
_ ROTI bisa menjadi pilihan camilan Anda di waktu senggang. Ketimbang membeli di luar, sebaiknya membuat sendiri di rumah. Prosesnya cukup mudah.

Sekilas, membuat roti sulit, bisa jadi karena Andatidak mengetahui prosesnya. Berikut beberapa langkah membuat roti yang mudah, seperti dilansir Cookinglight:

Buat sesederhana mungkin
Untuk membuat roti, mulailah dengan resep dasar, yaitu dengan memakai 2 sendok makan ragi kering, 500 gr tepung, 2 gelas air, dan 1 sendok teh garam.

Campur air dan ragi
Langkah berikutnya adalah mencampurkan ragi dan air secara bersama di dalam mangkuk besar,aduk hingga menyatu.

Tambahkan garam dan tepung
Jika sudah menyatu, berikan garam dan 125 gram tepung lalu aduk merata. Beri tepung sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi padatatau sulit untuk diaduk, setelah itu bentuk menjadi bola.

Uleni
Selanjutnya adalah menguleni adonan roti selama10 menit. Kalau sudah, taruh adonan dalam mangkuk besar dan biarkan mengembang selama lebih dari satu jam.

Bentuk adonan
Berikutnya adalah proses membentuk adonan sesuai yang diinginkan. Agar lebih mudah, berikan sedikit mentega.

Panggang
Terakhir adalah memanggang adonan dengan oven bersuhu 200 derajat Celsius, panggang selama 30 menit. Jika sudah berubah cokelat keemasan, pertanda roti matang. Angkat lalu biarkan 15 hingga 30 menit sebelum dipotong-potong. Sajikan hangat dengan mentega.

Terkirim dari Dc