Rabu, 02 Januari 2013

Tips Membeli & Menyimpan Jahe

JAHE adalah tanaman subtropis berupa akar yangmenonjol, dan sering digunakan sebagai bumbu makanan. Jahe juga bisa tampil lebih dominan pada beberapa menu.
Akar yang notabenenya adalah rimpang pada jahe memiliki kulit berwarna coklat dengan daging berwarna kuning gading, ada pula yang berwarna hijau muda. Jahe dijadikan bumbu masakan hampir di seluruh dunia, namun sangat populer pada masakan Asia, seperti Indonesia dan India.
Jahe yang akan digunakan harus dikupas sebelum akhirnya diparut, diiris, atau dihaluskan,tergantung pada kebutuhan makanan yang dihidangkan. Untuk mendapatkan kesegaran jahe, perhatikan tips berikut ini, seperti dikutip Recipetips:
Penggunaan
Jahe segar yang dikupas kemudian diparut atau diiris biasanya digunakan sebagai tambahan untuk bahan makanan atau minuman. Rempah dengan aroma kuat ini sangat populer digunakan pada masakan Asia. Jahe sebagai penyedap untuk dressing salad , permen panggang, sup, kari, daging, dan makanan penutup, seperti kue kering jahe dan biskuit jahe.
Sementara, jus jahe biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk memasak dan memanggang karena tekstu cair memudahkannya digunakan pada makanan. Jahe dalam bentuk sirup digunakan sebagai selai, saus, kue panggang, dan sebagai sirup yang digunakan dalam minuman.
Sementara, acar jahe sering disajikan sebagai hidangan pembuka, dan acar jahe merah muda sering disajikan sebagai pelengkap untuk bersantap sushi. Di Indonesia sendiri, jahe sering digunakan sebagai bumbu masakan tradisional, jamu, dan minuman hangat.
Trik membeli
Ketika memilih jahe segar, hindari yang layu dan kering atau lembek dan terasa kenyal. Pilih jahe dengan tampilan kulit yang halus dan memancarkan aroma sedikit pedas.
Penyimpanan
Jika ingin menyimpan jahe pada lemari es, masukkan ke dalam kantong atau wadah tertutup. Cara ini membuat jahe tahan 3-4 pekan. Sementara, jahe yang dibekukan bisa bertahan hingga 4-6 bulan, tergantung pada kondisi dan usia jahe ketika ditempatkan di dalam freezer.

Terkirim dari Dc