Selasa, 12 Februari 2013

Cara-Cara untuk Memastikan Sayuran&Buah Bertahan Lama

BUAH-BUAHAN dan sayuran dapat bertahan di lemari es dari dua hari hingga lebih dari sebulan, tergantung jenis buah atau sayurannya. Faktor-faktor tertentu ikut pula berperan dalam kesegaran buah dan sayuran.



Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesegaran buah dan sayuran, di antaranya tingkat kematangan ketika Anda membelinya, suhu kulkas, dan jenis produk yang harus atau tidak harus disimpan bersamaan. Berikut adalah panduan untuk membantu mencegah buah dan sayuran cepat membusuk dan menjaga kesegarannya, seperti diulas Sheknows:



Buah musim hujan atau dingin

Buah-buahan dan sayuran dapat bertahan sepanjang musim jika Anda menyimpannya dengan benar. Apel, labu, dan bawang putih harus tetap kering dan sejuk. Tempat penyimpanan harus berventilasi dan gelap, seperti ruang bawah tanah. Hindari menyimpan buah atau sayuran di tempat yang terkena langsung sinar matahari.



Suhu ideal untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan musim dingin, yaitu 0 derajat Celcius. Labu bisa bertahan paling lama hingga enam bulan sedangkan kubis, kembang kol, dan brokoli hanya bisa bertahan hingga sebulan, asalkan disimpan dengan benar.



Buah musim panas

Biasanya, buah-buahan dan sayuran musim panas tidak akan memiliki daya tahan selama buah-buahan dan sayuran musim dingin. Jenis beri-berian, semangka, dan paprika bertahan hingga sepekan jika disimpan di dalam lemari es.



Buah-buahan dan sayuran harus disimpan di dalam kantung plastik terpisah di lemari es untuk mendapatkan kesegaran dan kualitas maksimal. Selada dan lobak harus tetap kering dan berada dalam rak atau laci terpisah dari semua buah-buahan dan sayuran lainnya di kulkas. Jagung, ketimun, dan kacang hijau memiliki umur terpendek hanya sampai empat hari, jadi rencanakan untuk segera mengolahnya menjadi masakan untuk ketiga jenis makanan ini.



Tips:

- Untuk makanan tertentu harus dipisahkan dari makanan lainnya demi mencegah kematangan dini. Pisang, mangga, dan alpukat harus disimpan terpisah dari brokoli, wortel, dan sayuran hijau.

- Jeruk bertahan hingga sepakan bila disimpan dengan benar. Idealnya, simpan di tempat yang sejuk, gelap, dan jauh dari sinar matahari seperti lemari es.

- Jaga agar semua sayuran tetap kering dalam rak penyimpanannya.

- Jangan mencuci buah sampai akan dimakan untuk mencegah kelembapan ekstra.

- Hati-hati memilih produk sebelum membelinya. Jangan membeli sesuatu yang memar atau dipotong, karena akan merusak lebih cepat dan menyebabkan produk lainnya Anda merusak lebih cepat juga.

- Sayuran herbal dan asparagus harus disimpan dalam segelas air dan ditutupi dengan kantong plastik.

- Untuk umbi-umbian seperti wortel atau bit dapat dibekukan agar dapat bertahan sepanjang musim dingin.

- Lebih baik membeli sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional karena biasanya masih segar dan baru dipanen.

- Rencanakan apa yang Anda ingin makan sebelumnya dan hanya membeli apa yang dibutuhkan. Berbelanja buah-buahan dan sayuran secara teratur untuk memastikan tidak ada ada yang terbuang percuma.