Sabtu, 16 Februari 2013

Diabetes Picu Kerusakan Gigi

Ketika seseorang menderita diabetes, artinya ada beberapa komplikasi yang mengintai. Hal paling umum, mulai dari gangguan penglihatan hingga gangguan fungsi saraf. Namun sedikit yang mengetahui, diabetes juga dapat mengganggu kesehatan gigi.

Para penderita diabetes berpotensi mengalami gangguan kesehatan gigi yang menyerang gusi. Ini dikarenakan tubuh tak mampu melawan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi dan gigi berlubang.
Gangguan kesehatan gigi ini terkait dengan penyakit gusi atau periodontal. Tanpa disadari penyakit ini meluas dikalangan penderita diabetes, dengan mengenai jaringan pendukung gigi yaitu gusi.
Mereka yang tak mampu mengontrol glukosa dengan baik pun berpeluang terkena risiko penyakit ini. Gejalanya seperti ditulis dalam Times of India , mulai dari mulut dan lidah terasa terbakar, mulut kering, radang gusi atau gingivitis, plak, dan infeksi jamur.
Menurut Dr, Shantau Jaradi, direktur pusat perawatan gigi di India mengatakan bahwa diabetes dan gangguan gigi ini juga dapat terjadi karena kurangnya seseorang menjaga kebersihan mulut dan gigi.
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penyakit gusi dan diabetes ini bersifat dua arah. Tak hanya orang diabetes yang rentan pada periodontal ini. Adanya penyakit gusi yang serius juga berpotensi memengaruhi kontrol gula darah, dan berkontribusi pada perkembangan diabetes.
Hal ini disebabkan karena periodontal yang parah dapat meningkatkan gula darah dan berisiko terkena diabetes komplikasi. Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi setiap tiga atau enam bulan sekali.
• VIVAlife |