Kamis, 21 Februari 2013

Ines Putri Tjiptadi, Atlet Golf yang Siap Taklukkan Panggung Miss

Berprofesi sebagai atlet golf, dara asal Bali, Ines Putri Tjiptadi tak pernah menyangka dirinya bakal menyandang gelar sebagai Miss Indonesia. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan langkah Ines untuk berlaga di panggung Miss World 2012.

Semangat juang yang tinggi menjadi kekuatan tersendiri bagi Ines Putri Tjiptadi. Olahraga golf yang ditekuninyasejak usia belia membuat dara 22 tahunini tumbuh menjadi seseorang yang pantang menyerah. Mengikuti ajang Miss Indonesia 2012 sejatinya merupakan sebuah cara yang dilakukannya untuk membuktikan bahwa ia merupakan seorang yang tak betah berlama-lama berada di zona nyaman.

Terlahir sebagai bungsu dari tiga bersaudara, penyuka novel Harry Potter ini justru tidak tumbuh sebagai pribadi yang manja. Saat usianya 12 tahun, dara asal Bali ini bahkan telah menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai juara termuda dalam kompetisi golf GubernurCup di Bali. Dirinya juga pernah menghadiahi pulau Dewata medali emas dan perak pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2004.

Jati diri sebagai seorang atlet membuatnya tak terbiasa dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia kecantikan. Meski dianugerahi wajah yang cantik, tubuh semampai, dan kulit kuning langsat, Ines begitu asing dengan dunia kecantikan. Masa pembekalan menuju Miss World begitu membawa perubahan yang besar bagi penerima beasiswa University of Georgia ini. Kini, ia pun merasa telah menjadi wanita yang seutuhnya.

Sebagai pribadi tangguh, Ines selalu haus akan tantangan. Berbagai tantangan yang hadir di depan mata berusaha dijawab gadis bermata indah ini. Ia pun tak pernah mempermasalahkan hasil yang kelak menghampirinya. Sama seperti olahraga, kalah atau menang dalam ajang Miss World baginya ialah hal yangbiasa. Baginya, yang terpenting ia telahberjuang keras dan memberikan yang terbaik. Karenanya, putus asa di tengahjalan bukanlah pilihan baginya.

Selain pekerja keras dan pantang menyerah, pecinta bola basket dan voli ini merupakan sosok yang dekat dengan keluarga. Tak heran, dukungan dari keluarga menjadi penyemangat besar dalam berbagai kegiatan yang ia lakukan.

Pada ajang Miss World 2012 yang digelar di Ordos, Mongolia, pemilik nama lengkap Ines Putri Tjiptadi Chandra ini menaruh harapan yang besar unggul dalam fast track bidang olah raga. Untuk itu, stamina yang kuatdan strategi khusus telah ia siapkan demi memberikan yang terbaik. Sementara untuk ketagori Beauty with a Purpose, gadis kelahiran Denpasar pada 5 September 1989 ini mengkampanyekan pentingnya pendidikan usia dini (PAUD) pada daerah tertinggal. Baginya, pendidikan merupakan cara terbaik untuk mengubah masa depan bangsa.