Senin, 11 Februari 2013

Makanan Tetap Baik

Untuk langsing sebenarnya tidak sulit. Yang terutama dibutuhkan hanyalah tekad kuat mengubah pola makan. Perubahan ini juga tidak perlu sampai kita menabukan makanan yang bercita rasalezat atau takut menyantap makanan kesukaan.
Cukup mengatur asupan kalori. Penurunan berat badan (BB) yang baik hendaknya tidak dilakukan instan tetapi bertahap. Untuk itu, perluwaktu tapi dengan cara ini hampir bias dijamin BB tidak akan melonjak lagi. Pasalnya, kebiasaan makan sudah terpola pada kebiasaan sehat. Bagaimana polanya?

*. Padat gizi dan beragam

Makanan yang diasup haruslah bergizi seimbang. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua ini harus dalam jumlah tidak berlebihan.

Harus diatur juga agar makanan beraneka ragam karena tidak ada satupun jenis makanan yang gizinya lengkap.

*. Rendah kalori

Kunci sukses melangsingkan tubuh, pengaturan jumlah kalori yang masukdan keluar harus seimbang. Malah dianjurkan agar tubuh mengalami kekurangan kalori sehingga mengambil simpanan yang lama-kelamaan akan menyusut. Tapi, hati-hati juga jangan sampai kebablasan hingga tubuh tidak memiliki kalori cukup untuk setiap kegiatannya, mulai dari kerja paru-paru, jantung, otak, dan sebagainya.

Para ahli menganjurkan untuk mengurangi kalori total 500 – 800 kalori/hari. Salah satu cara mengurangi kalori adalah mengurangi karbohidrat. Mereka yang mau langsing perlu mengurangikarbohidrat sampai 10% dari kebutuhan. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang, roti, atau sereal. Akan lebih baik kalau nasinya dari beras merah atau rotinya adalah roti gandum karena mengandung lebih banyak serat yangmemperlambat proses perubahan karbohidrat menjadi tenaga.

Sedangkan karbohidrat sederhana seperti permen, cokelat, kue, dan makanan/minuman yang manis boleh saja asalkan jangan kebanyakan(karena energi yang ini siap pakai. Kalau tidak langsung dipakai, akan mengendap dalam tubuh). Batasi 75 kal/hari.

*. Rendah lemak

Lemak wajib dikurangi. Cukup 10% dari kebutuhan. Anda masih tetap boleh makan daging sapi ataupun daging ayam hanya saja buang semualemaknya sebelum proses memasak. Selingi dengan ikan laut yang mengandung asam lemak omega-3, dua kali seminggu.

Selain itu, hindari dahulu penambahan kandungan lemak pada saat proses memasak, seperti menggoreng. Carilah cara memasak lain seperti memepes, merebus, memanggang, atau menumis yang hanya menggunakan sedikit minyak.

*. Perbanyak serat

Serat yang banyak terdapat pada buah dan sayur berperan penting dalam menurunkan BB. Serat akan memberikan rasa kenyang tanpa menambah kalori sementara ia juga memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Dalam pola makan gizi seimbang, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi 5– 6 porsi sayur dan buah setiap hari.

Selain pengaturan makan yang rendah kalori dan lemak masih ada sejumlah tip pola makan yang perlu diperhatikan:

*. Makanlah tetap 3 kali sehari dengan jadwal teratur. Makan pada waktunyaakan membuat nafsu makan lebih terkendali. Di antaranya boleh ngemil , pilihlah camilan buah.

*. Pada saat makan, kunyahlah makanan sampai halus. Dengan cara ini, porsi yang dimakan lebih sedikit karena perut lebih cepat merasa kenyang.

*. Pada saat makan berkonsentrasilah pada makanan – jangan sambil membaca koran, menonton televisi – sehingga Anda sadar akan jumlah makanan yang dimakan.

*. Akhirnya, jangan lupa olahraga yang akan membakar kalori.

Mudah-mudahan dengan saran sederhana di atas Anda akan sukses mencapai BB yang normal dan sehat. ( Menu Sehat )