Selasa, 12 Februari 2013

Tips Hilangkan Pusing Usai Makan Durian

UNTUK Anda penyuka durian, kadang rasa pusing datang usai menyantapnya. Hanya perlu sederhana untuk menghilangkan rasa tidak nyaman itu.



Februari menjadi masa musim buah durian. Kontan saja, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 'banjir' Durian. Di pinggir-pinggir jalan dijumpai warga yang menjual buah berduri tersebut.



Harga yang cukup murah dan banyaknya jenis tersaji membuat para pengunjung makin banyak melahap durian. Tak dapat dipungkiri, terlalu banyak makan durian membuat kepala pusing. Maklum saja, buah dengan nama latin Durio Zibethinus ini mampu meningkatkan tekanan darah.



Namun demikian, Triyono, salah seorang pedagang durian di Desa Sumber Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memberikan tips menghilangkan pusing meski sudah makan banyak durian. Menurut bapak dua anak ini, ketika pembeli yang menikmati duriannya merasa pusing, dia akan menyediakan air hangat.



"Air hangat itu dimasukkan ke dalam kulit durian di bagian tempat buah biji durian berada. Sedikit digosok-gosok, beberapa saat kemudian diminum," katanya kepada Okezone.



Dia juga mengaku, durian yang membuat cepat pusing adalah yang matangnya terlalu lama. Secara kasar, biasanya buah itu berwarna kekuningan. Dan, ketika dibelah, buah tersebut berasa manis juga sedikit asam.



"Katanya sih kalau durian yang terlalu matang bisa bisa membuat pusing, tapi rasanya juga tetap nikmat," jelasnya.



Triyono menambahkan, tidak semua orang yang makan terlalu banyak durian akan merasa pusing. Menurutnya, ada beberapa pengunjung yang tidak merasakan apa-apa meski sudah melahap 5 hingga 10 durian.



"Ya, ada juga yang sampai segitu, katanya cuma merasa kenyang. Tapi, saya tetap berikan tips ini jika nanti berasa pusing," tutupnya