Sabtu, 09 Maret 2013

Akhir Pekan ke Bandung? Yuk, Kunjungi 6 Museum Ini

Bandung tak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan sederet factory outlet. Kota yang dijuluki Paris van Java ini juga memiliki beberapa wisata edukasi yang menarik, seperti museum.


Jika Anda dan keluarga berlibur ke Bandung, akhir pekan ini, tak ada salahnya mengunjungi beberapa museum yang berlokasi di Kota Kembang tersebut. Di museum-museum ini, Anda bisa menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia hingga perkembangan dunia seni.



1. Museum Barli

Ajak anak Anda untuk mengenal lebih jauh soal dunia seni, khususnya soal pengapresiasian seni. Museum Barli agaknya menjadi tempat yang cocok untuk memperkenalkannya. Nama museum ini diambil dari seorang maestro seni lukis realistik bernama Barli Sasmitawinata.


Ia cukup banyak memainkan peranan penting dalam pertumbuhan seni rupa Indonesia. Tempat ini juga akan memperlihatkan perkembangan dunia seni, mulai dari seni rupa, lukis, hingga budaya. Selain itu, museum ini sering bekerja sama dengan beberapa kampus,bahkan komunitas untuk mengadakan acara yang terkait dengan kesenian.


Lokasi: Jalan Prof. Ir. Sutami 91 Bandung - 40152 Jawa Barat.

Buka: Sabtu -Kamis, pukul 09.00-17.00 WIB



2. Museum Geologi

Hasil penyelidikan geologi dan tambangdi wilayah Nusantara oleh para ahli geologi asal Eropa dihadirkan di museum ini. Bebatuan, mineral, fosil, dan laporan peta atau dokumen merupakan hasil penyelidikannya.


Museum ini terbagi menjadi 10 ruangandengan dua lantai. Beberapa di antaranya berisi peta geografi Indonesia yang ditampilkan dengan cara menarik, dalam bentuk animasi. Ada pula ruangan yang menyajikan informasi tentang hipotesis terjadinya sistem tata surya, dan fosil sejarah manusia.


Lokasi: Jalan Diponegoro Nomor 57 Bandung - 40122, Jawa Barat.

Buka: Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, Jumat dan Libur Nasional tutup.

Harga tiket: Pelajar atau mahasiswa Rp2 ribu, umum Rp3 ribu, asing atau pelajar asing Rp10 ribu.



3. Museum Pos

Jika anak Anda seorang fitateli --seorang yang senang mengoleksi perangko-- coba ajak untuk mengunjungi museum ini. Koleksi perangko dari dalam dan luar negeri hadir di tempat ini. Tak hanya itu, objek wisata ini juga menampilkan perjalananperusahaan pos Indonesia sejak zaman Hindia Belanda.


Lokasi: Jalan Cilaki Nomor 73 Bandung - 40115, Jawa Barat.

Buka: Setiap hari, kecuali libur nasional, pukul 09.00-16.00 WIB


Harga tiket: Gratis



4. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini berkaitan erat dengan Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung. Salah satutujuan didirikan museum ini adalah untuk melestarikan semangat konferensi yang telah berhasil memperbesar volume kerja sama antar bangsa-bangsa di Asia Afrika.

Lokasi: Jalan Asia Afrika Nomor 65 Bandung - 40111, Jawa Barat.


5. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Dibangun di atas area seluas 4.176 meter persegi, museum ini menyimpan benda koleksi saat perjuangan kemerdekaan Divisi Siliwangi. Benda yang berhasil dikumpulkan antara lain berupa kujang, keris, pedang, golok, tombak, panah, bahkan pedang bambu,serta samurai.

Di samping itu, ada koleksi atau foto perjuangan dari masa revolusi mulai tahun 1945 hingga 1949. Anda juga dapat mengetahui wajah para panglima Siliwangi, tanda pangkat, lencana, sertamata uang, bahkan peta.

Lokasi: Jalan Lembong Nomor 38 Bandung - 40111, Jawa Barat.

Buka: Senin-Kamis pukul 08.00-13.00 WIB, Jumat pukul 08.00-10.00 WIB, Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB


6. Museum Sri Baduga

Museum ini memiliki beragam koleksi , mulai dari bidang geologika, biologika, etnografika, erkeologika, hingga historika. Museum ini tercatat memiliki 5.367 koleksi di mana sebagian besar berasal dari rumpun ilmu etnografi yang berhubungan dengan benda-benda budaya daerah.


Koleksi-koleksi yang terdapat pada Museum Sri Baduga tak hanya dalam bentuk asli. Melainkan juga dilengkapi dengan miniatur, foto, replika, dan maket.


Lokasi: Jalan BKR Nomor 185 Bandung - 40243, Jawa Barat.


Buka : Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB, Sabtu dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, Hari Libur Nasional lainnya tutup.