Rabu, 23 April 2014

Alexa Situs Pemantau Rangking

Situs Alexa.com merupakan situs yang didirikan pada April 1996. Situs ini merupakan situs yang dimiliki oleh Amazon, sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional ternama yang bermarkas di Seattle, Amerika. Boleh dikatakan situs ini berinduk pada situs Amazon.com. Meskipun menginduk pada Amazon, situs ini bukanlah situs yang berkaitan dengan perdagangan maupun elektornik.

Situs Alexa.com merupakan situs yang yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang berkaitan dengan e-commerce.

Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup dipercaya. Situs ini sendiri memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook untuk data rangking Global (akses Maret 2014) .

Alexa Top Sites

Fitur Top Sites merupakan fitur yang menghadirkan rangking atau peringkat top. Urutan dimulai dari urutan pertama sampai urutan 500. Top Sites ini dapat mengkatergorikan peringkat berdasarkan peringkat secara keseluruhan (global) maupun negara. Jika ingin lebih spesifik, Alexa menghadirkan urutan rangking berdasarkan kategori, misal peringkat situs kategori komputer, situs kategori kesehatan, dan masih banyak lagi. Untuk Top 10 situs global sendiri terdiri dari berikut ini (Data Maret 2014):

1. Google

2. Facebook

3. Youtube

4. Yahoo

5. Baidu

6. Wikipedia

7. qq

8. Linkedin

9. Taobao

10. Twitter