Kamis, 08 Mei 2014

Hewan Tercepat Di Dunia

"Sangat keren menemukan sesuatu yang lebih cepat dari apapun."

Sebuah penelitian menyebutkan, kutu jenis Paratarsotomus Macropalpis adalah hewan tercepat di dunia.

  Pernahkah terbayangkan hewan apa yang tercepat di dunia? Anda mungkin akan menyebut cheetah, kucing gurun yang mampu berlari hingga 70 mil per jam.

Memang hewan itu bisa berlari sangat cepat. Tapi, penelitian terbaru menyebutkan, kutu kecil jenis Paratarsotomus Macropalpis merupakan hewan yang memecahkan rekor sebagai hewan tercepat di dunia.

Melansir Daily Mail, Rabu 30 April 2014, kutu kecil tak lebih besar dari biji wijen itu, diukur berjalan sampai 322 panjang tubuh per detik. Kecepatan itu setara dengan manusia yang berjalan kira-kira 1.300 mil per jam. Fantastis.

Rekor itu juga mengalahkan kecepatan kumbang harimau Australia yang mencapai 171 panjang tubuh per detik.

"Sangat keren menemukan sesuatu yang lebih cepat dari apapun," ujar Samuel Rubin, mahasiswa dari Pitzer College.

Rubin menambahkan pengukuran itu juga bisa menguak pengetahuan baru dari sisi fisika terhadap bagaimana hewan kecil itu bisa mencapai kecepatan tersebut.

Temuan itu juga membuat pembimbing Rubin, Jonathan Wright tertarik mempelajari efek otot biokimia saat kutu kecil itu menggerakkan kaki.

Wright menyebutkan dalam teori, kecepatan relatif dan frekuensi langkah meningkat terjadi pada hewan yang semakin kecil. Fisiologi otot harus ada pada beberapa titik batas seberapa cepat kaki bergerak. Untuk hal ini, Wright mengakui belum bisa menguaknya.

Dalam merekam kecepatan kutu kecil itu, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi. Kecepatan diukur dalam laboratorium dan lingkungan alam hewan itu.

"Ini sebenarnya cukup sulit menangkap mereka dan saat kami tengah merekam di luar, Anda harus mengikuti mereka dengan sangat cepat karena cakupan pandang kamera hanya 10 cm," jelas Rubin.

Tim juga menemukan hal menarik. Hewan kecil itu bisa bertahan pada suhu hingga 60 derajat celcius, suhu yang mematikan bagi kebanyakan hewan.

Kutu lokal itu ditemukan pada California bagian selatan dan sering berkembang di sepanjang batu dan trotoar.

** Ilmuwan Ungkap Rahasia Kecepatan Lari Cheetah **

  Cheetah selama ini dikenal sebagai hewan tercepat di muka bumi. Kemampuan sprint kucing besar Afrika ini mencapai 110 hingga 120 km per jam.

Ilmuwan kemudian berhasil mengungkap rahasia di balik kecepatan lari cheetah. Sejumlah ilmuwan Jepang melakukan pemetaan serabut otot untuk mengetahui rahasia lari .

Mengutip laman BBC, perbandingan otot cheetah pun dilakukan dengan kucing dan anjing. Ilmuwan berusaha mencari kekuatan yang dapat meningkatkan kerja serabut otot di sekitar kaki 'kucing raksasa' ini.

"Studi otot ini dibutuhkan untuk memahami lari cheetah," kata Naomi Wada, peneliti yang juga Profesor di bidang Sistem Fisiologi dari Universitas Yamaguchi, Jepang.

Berbagai tipe serabut otot diketahui disesuaikan untuk berbagai aktivitas. Dalam studi mamalia, dikenal Tipe I, serabut otot yang memproduksi kekuatan kecil, tapi rentan terhadap cedera. Ini menjadikan otot ini lebih cocok untuk menopang beban dan jalan pelan.

Ada juga Tipe IIa yang cocok untuk berjalan cepat, dan Tipe IIx atau serat cepat menghasilkan tenaga besar, tapi berdaya tahan rendah. Ini merupakan kunci untuk berlari cepat.

Dengan melakukan pemetaan serabut otot di sekitar tubuh cheetah, para ilmuwan ini bisa melihat rahasia kecepatan lari cheetah.

"Otot-otot di sekitar betis cheetah memiliki Tipe I yang lebih banyak dari yang lain (anjing dan kucing). Sedangkan otot di bagian paha belakang (hindlimb) lebih banyak serabut Tipe II," kata Wada.

"Perbedaan fungsi antara betis dan paha belakang terlihat begitu jelas pada cheetah," ucap Wada.

Tim kemudian menduga kekuatan lari cheetah berasal dari paha cheetah. Ini serupa dengan perputaran roda belakang (rear wheel drive) pada mobil.

Pada paha belakang cheetah tidak ditemukan serat cepat. Sedangkan di kaki bagian depan banyak ditemukan serat cepat. Ini menjadikan cheetah mengendalikan keseimbangan dengan kaki depan untuk memutar dan memperlambat larinya.

Meski begitu, cheetah mempunyai akselerasi tinggi. Tercatat cheetah bisa mengakselerasi kecepatan dari 0 ke 60 mil per jam dalam tiga detik.

Studi sebelumnya menyebut rahasia lari cheetah ada pada bentangan tapak kakinya yang mampu mencapai 7 meter. Dengan kaki-kaki yang fleksibel, cheetah menghabiskan sebagian besar waktunya mengudara atau tidak menapak.
Smber:  VIVA.co.id